Kerajinan Patung Tembaga Sayyang Pattudu di Polewali Mandar

Jika anda berkunjung ke Polewali Mandar mungkin anda akan menyaksikan Kerajinan Patung Tembaga Sayyang Pattudu. Apa itu Kerajinan Patung Tembaga Sayyang Pattudu ? Sayyang Pattudu adalah kuda menari yang merupakan budaya warisan masyarakat Mandar dalam rangka mengapresiasi anak-anak mereka yang khatam Al-Quran. Jadi Kerajinan Patung Tembaga Sayyang Pattudu adalah patung kuda menari yang ditunggangi patung anak dan di dampingi patung orang dewasa yang sedang mengendalikan kuda. Untuk lebih detilnya anda bisa membaca artikel Kerajinan Patung Tembaga Tari Sayyang Pattudu atau melihat gambar dibawah artikel ini. Kerajinan Patung Tembaga Sayyang Pattudu di Polewali Mandar merupakan sarana pengingat bagi masayarakat Mandar terhadap budaya warisan nenek moyangnya. Secara kebetulan AAGallery beberapa waktu yang lalu telah dipercaya untuk membuat Kerajinan Patung Tembaga Sayyang Pattudu tersebut. AAGallery sebagai produsen kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan sangat senang bisa ikut serta mendukung upaya pemerintah kabupaten Polewali Mandar untuk melestarikan budaya Sayyang Pattudu, meskipun hanya ikut serta membangun sebuah patung sebagai pengingat budaya tersebut. Disamping sebagai pengingat akan keberadaan budaya Sayyang Pattudu, patung logam tembaga tersebut sebagai ikon Kabupaten Polewali Mandar.

Melihat tari Sayyang Pattudu sebagai bentuk apresiasi atas anak-anak warga Mandar yang khatam Al-Quran tentu akan memberikan hiburan tersendiri. Tidak hanya sebuah hiburan, Sayyang Pattudu juga dapat memberikan dorongan kepada masyarakat Mandar untuk selalu mengaji atau membaca Al-Quran hingga khatam. Jika mereka khatam mereka akan dihibur dan dirayakan dengan tari Sayyang Pattudu sebagai apresiasi kepada mereka. Apresiasi tinggi itu dalam bentuk menunggang kuda yang telah terlatih untuk menari tatkala diiringi bunyi rebana dan untaian kalinda’da’ (puisi Mandar) yang berisi pujian kepada gadis pessawe. Kuda dalam budaya Sayyang Pattudu pada umumnya menggoyang-goyangkan kepalanya saat rebana-rebana ditabuh. Indonesia memang kaya akan budaya yang bernilai tinggi salah satunya adalah Sayyang Pattudu ini.

Demikian sekilas informasi mengenai Kerajinan Patung Tembaga Sayyang Pattudu di Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang beberapa waktu yang lalu telah selesai dikerjakan oleh AAGallery. AAGallery sangat senang karena bisa mewujudkan keinginan masyarakat Mandar untuk mengabadikan budaya Sayyang Pattudu kedalam bentuk kerajinan tembaga . Jika Anda tertarik untuk mengabadikan seni budaya anda baik berupa kubah masjid dari tembaga, pilar masjid dari tembaga atau kuningan, kaligrafi dan kerajinan apapun yang terbuat dari logam kuningan atau tembaga silakan hubungi AAGallery.