• January 27, 2013
Kerajinan Relief

Kerajinan tembaga merupakan salah satu jenis macam ragam kerajinan. Namun penggunaan tembaga sebagai kerajinan tak sembarang orang bisa membuatnya. Biasanya pengrajin tembaga sudah memulai usaha turun menurun. Prosesnya yang rumit dan juga alat-alat yang tidak sederhana, mengharuskan para pengrajin untuk memproses kerajinan tembaga dengan hati-hati. Kemampuan memahat tembaga bukan hanya seledar kemampuan kerajinan biasa. Memahat kuningan atau tembaga membutuhkan ketelitian tinggi. Oleh karena itu, tak banyak orang yang bisa memahat tembaga dan kuningan. Biasanya sebuah pengrajin, tak semua bisa memahat emas atau kuningan. Hanya beberapa orang tertentu yang dapat memahat dan biasanya dari pemilik kerajinan tersebut yang diturunkan ke generasi berikutnya.

Kerajinan tembaga ada beberapa jenis kerajinan tembaga yaitu kerajinan relief tembaga, kerajinan vase tembaga dan juga kerajinan wastafel tembaga. Khusus untuk kerajinan relief tembaga ada dua jenis hasil jadinya. Yang pertama adalahkerajinan relief tembaga atau kuningan yang solid. Untuk jenis yang ini biasanya ditempelkan pada dinding sebagai penghias atau interior. Oleh karena itu, kerajinan tembaga kuningan jenis ini berfungsi sebagai pelengkap dan hiasan pada dinding yang kosong. Kemudian jenis kerajinan relief tembaga dan kuningan yang kedua adalah kerajinan relief panel kerajinan tembaga atau kuningan. Biasanya untuk relief tembaga atau kuningan yang berupa panel bersifat transparan. Ada berbagai macam model untuk relief panel tembaga atau kuningan seperti simetris, geometris, dan juga batik. Fungsi relief panel, selain sebagai interior dapat juga berfungsi sebagai sekat  atau pembatas antar ruang.

Jika anda tertarik untuk memiliki kerajinan relief tembaga atau kuningan, saran saya adalah memesan langsung dari pengrajin. Salah satu pengrajin tembaga dan kuningan ada di kota boyolali. Selain masalah harga, anda bisa memesan langsung model dan bentuk yang anda inginkan. Jika kerajinan tembaga dan kuningan sudah masuk galeri, harganya bisa bertambah berkali-kali lipat. Pastikan anda memilih sesuai dengan desain interior rumah anda. Sesuaikan model dengan furnitur di dalam rumah anda. Pastikan setelah anda memilikinya, anda juga merawatnya dengan baik.